Cara Memandikan Perkutut Yang benar Dengan Daun Sirih


Dalam memandikan burung perkutut, akan lebih bagus jika kita memandikannya setiap hari namun jika dirumah memiliki aktifitas kesibukan lain, perkutut juga bisa kita mandikan 3 hari sekali dengan menggunakan daun sirih yang memiliki khasiat bagus untuk burung perkutut tersebut..



Memandikan burung perkutut dengan benar dengan menggunakan daun sirih atau bisa juga dengan air tajin / air cucian beras dengan cara, kedua kaki dari burung Perkutut tersebut kita jepit menggunakan jari telunjuk dan ibu jari kita dengan demikian perkutut akan lebih tenang dan tidak berontak yang jika dalam memegang kita kurang erat, maka bisa di pastikan perkutut bisa terbang..

Cara memandikan burung perkutut kita lakukan secara manual, yaitu menggunakan tangan saja jangan menggunakan sprayer seperti burung berkicau lainya. Usahakan dalam memandikan perkutut tersebut, hidung perkutut tidak kemasukan air akan lebih bagus jika cara memandikan nya kita menggunakan busa yang lembut agar bulu tidak tercabut sebab jika menggunakan tangan agak sedikit terasa kasar..

Perlu kita ketahui, dalam memandikan perkutut jangan terlalu basah kuyup sebab burung perkutut kurang tahan terhadap hawa dingin, mandikan jika semua bulu sudah tersapu bersih dengan menggunakan busa tersebut..

Selain itu, waktu untuk memandikan burung perkutut yang paling bagus adalah waktu sore sekitar pukul 3-4 sore hari. Khusus untuk burung perkutut yang sudah pernah masuk lomba dan perkutut calon masuk lomba, memandikanya bisa 5 hari sekali saja..

Akan tetapi, jika perkutut liar hasil tangkapan, baru kita beli bisa kita mandikan setiap hari atau dua hari sekali supaya perkutut lebih jinak dan mengerti bos barunya dengan demikian perkutut akan lebih tenang jika kita dekati. Lakukan cara ini hingga perkutut benar-benar jinak pada bos di rumah..

Daun sirih sendiri hanya berfungsi supaya penyakit, bakteri serta binatang kecil yang menempel pada bulu halus perkutut bisa mati, tidak ada tujuan lain misal untuk hal-hal tertentu daun sirih untuk memandikan burung perkutut Tidak ada hubunganya dengan mistis dsb..

Atau anda jika tidak mau repot dan instan pakai saja produk Super Kicau yaitu Super Steril-A, bisa dipakai untuk memandikan perkututnya maupun sterilisasi kandangnya dari kuman serta bakteri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel