Cara Mengatasi Paruh Burung Cendet Patah

Kicau-Burung.com - Banyak cendet mania kebingungan tanya sana sini mengenai bagaimana cara mengatasi paruh burung cendet patah, Apakah paruh cendet yang patah masih bisa tumbuh lagi? Pertanyaan tersebut juga pernah muncul dalam benak saya ketika cendet kesayangan saya yang bernama "Upin" yang waktu itu baru berusia sekitar 3 bulan tiba-tiba patah. Mungkin dikarenakan usianya yang masih muda jadi birahinya belum stabil, atau bisa juga karena saya terlalu banyak memberikan EF sehingga menjadi over birahi, sehingga mempunyai kebiasaan monting dan sering mematuk kerodong atau jeruji kandang. Hal itulah yang kemungkinan menyebabkan ujung paruh burung cendet saya patah.

Saya browsing sana-sini dan bertanya dibeberapa group dan forum media sosial seperti facebook mengenai cara mengatasi paruh burung patah, dari situ saya mendapatkan 2 jawaban yang berbeda, ada yang bilang masih bisa tumbuh lagi dan ada yang bilang jangan berharap bisa tumbuh lagi, karena paruh burung yang patah sudah tidak bisa tumbuh lagi. Sayapun sempat frustasi dan hampir melepas burung tersebut kealam liar ketika ada membaca bahwa paruh burung yang patah tidak bisa tumbuh lagi.
mengatasi paruh burung cendet patah

Untung saja saya tidak jadi melepasnya kealam liar, karena di sebuah group ada yang pernah mengalami hal serupa dan katanya masih bisa tumbuh lagi, jadi saya coba bersabar menunggu barangkali ujung paruh masih bisa tumbuh lagi.

Setelah saya rawat "Upin" dengan setulus hati dan saya berikan EF yang cukup, ternyata kurang dari 2 bulan ujung paruh burung cendet sudah mulai tumbuh lagi, lama kelamaan semakin panjang dan mendekati sempurna. Tapi sayangnya sebelum tumbuh sempurna ujung paruhnya tiba-tiba patah lagi, entah apa penyebabnya.

Tapi kali ini saya sudah tidak khawatir lagi, karena saya sudah tahu bahwa ujung paruh cendet yang patah ternyata masih bisa tumbuh lagi. Buktinya sekarang sudah tumbuh dan hampir mendekati sempurna. Mudah-mudahan tidak terjadi patah paruh lagi, cukup 2x saja mengalami yang namanya patah paruh.

KESIMPULAN:

  • Patah paruh pada burung cendet biasa terjadi dan masih bisa tumbuh lagi, jadi jangan khawatir jika hal tersebut terjadi pada burung cendet anda. Hanya saja kemungkinan akan mempengaruhi suara burung yang biasanya keras menjadi agak keras, atau parahnya burung menjadi stress jika paruh yang patah terlalu parah dan menyebabkan rasa sakit.
  • Cara terbaik mengatasi paruh burung cendet yang patah adalah dengan bersabar dan memberikan perawatan pada burung cendet secara rutin dengan setulus hati. Tingkatkan pemberian EF dan vitamin untuk membantu proses paruh tumbuh kembali.
  • Untuk menghindari terjadinya patah paruh, sebaiknya hindarkan burung dari stress dan ketakutan agar tidak menabrak-nabrak sangkar. Selain itu, stabilkan birahi burung agar tidak terlalu over dan suka mematuk-matuk kandang dan kerodong, karena ciri-ciri burung yang over birahi adalah terlalu galak dan sering mematuk-matuk sangkar, tempat pakan, dan kerodong.
Baca: Cara mengatasi burung cendet over birahi


Demikianlah pengalaman saya mengenai cara mengatasi paruh burung cendet yang patah yang dapat saya bagikan buat sahabat cendet mania. Semoga pengalaman pribadi saya ini bisa memberikan pencerahan bagi anda yang mengalami hal serupa. SEKIAN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel