Cendet Madura Kepala Hitam: Ciri fisik dan kelebihannya

Kicau-Burung.com - Cendet madura kepala hitam adalah salah satu jenis burung cendet yang paling diminati dan dicari oleh kalangan cendet mania, karena burung cendet atau pentet atau toet madura dipercaya memiliki banyak kelebihan baik dari segi fisik, mental, kecerdasan, maupun suara. Sehingga tak heran jika burung cendet madura kepala hitam disebut dengan burung cendet super.

Bagi para pemain burung cendet lomba akan berani membayar burung cendet madura kepala hitam dengan harga yang lebih tinggi dari jenis burung cendet lainnya, bahkan jika burung cendet madura tersebut sudah berprestasi taraf nasional dan sudah memiliki banyak piagam karena memenangkan banyak lomba, maka harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

cendet madura kepala hitam

Burung cendet madura memiliki ciri-ciri fisik yang sedikit berbeda dengan jenis burung cendet lainnya, ciri-ciri tersebut diantaranya adalah memiliki tubuh yang lebih ramping dan panjang. Meskipun ada juga jenis burung cendet madura yang berbadan bongsor, tetapi tetap saja tampak proporsional dengan ekor yang panjang.
BACA: Ciri-ciri cendet madura kepala hitam
Ciri fisik lainnya adalah memiliki warna bulu yang sangat kontras, dengan warna hitam dikepala sampai ke tengkuk (gondrong), punggung berwarna abu-abu, dada berwarna putih kapas halus, warna bulu yang dominan hitam pekat, dan sedikit memiliki warna cokelat yang terkesan pudar.

Selain itu burung cendet madura kepala hitam juga memiliki ciri fisik dengan mata yang tajam melotot, paruh yang tebal, dan kaki yang mencengkeram kuat, sehingga terlihat lebih sangar dan garang. Hal inilah ciri fisik yang membedakan burung cendet madura kepala hitam dengan burung cendet jenis lainnya.

Dalam hal mental, cendet kepala hitam madura asli terkenal memiliki mental tempur yang baik (berjiwa fighter) sehingga tidak akan ngedrop ketika dilombakan, tidak mudah stress, dan akan tampil ngotot dalam perlombaan.
BACA: Kelebihan cendet kepala hitam blangkon
Sedangkan kelebihan cendet madura dalam hal suara adalah memiliki suara yang lebih keras, kasar, dan mengkristal, memiliki speed yang rapat dan nafas yang panjang saat ngeroll. Ketika digantangkan biasanya suaranya tembus dan memekakkan telinga.

Cendet kepala hitam madura juga terkenal sebagai jenis burung cendet yang cerdas dalam memori dan menirukan suara burung lain. Hal tersebut membuat pemilik burung cendet madura lebih mudah dalam melakukan pemasteran, baik menggunakan musik mp3 maupun menggunakan master burung asli (guru vocal).

Seiring berjalannya waktu, saya rasa keberadaan cendet madura kepala hitam akan semakin sedikit dan harganya akan terus melambung tinggi, karena tidak banyak yang bisa menangkar/ membudidayakan cendet asli madura tersebut, sedangkan penangkapan cendet madura liar terus berjalan.

Pencarian:

  • Cendet madura
  • Cendet kepala hitam
  • Ciri fisik cendet madura
  • Ciri fisik cendet kepala hitam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel