Manfaat Mentimun Untuk Lovebird: Menurunkan Birahi Lovebird

Manfaat mentimun untuk lovebird adalah untuk menurunkan birahi lovebird tersebut, karena buah mentimun mengandung 95% air dan rendah lemak, rendah kalori, serta rendah kolesterol. Itulah sebabnya kenapa buah mentimun yang biasa kita gunakan sebagai lalapan dipercaya mampu menurunkan birahi semua jenis burung berkicau seperti lovebird, murai batu, pleci, kenari, dan masih banyak lagi.
manfaat mentimun untuk lovebird
manfaat mentimun untuk lovebird

Mentimun termasuk dalam suku labu-labuan yang bukan merupakan asli dari Indonesia, melainkan berasal dari pegunungan Himalaya, India. Meskipun demikian, mentimun saat ini sudah menjadi makanan ataupun lalapan yang tidak asing lagi ditelinga masyarakat indonesia. Bahkan kita dengan mudah mendapatkan mentimun dipasar-pasar sayuran atau ditukang sayur keliling langganan anda.

Kandungan buah mentimun


Menurut pakar dari USDA National Database Gizi, dalam satu cangkir mentimun yang diiris beserta dengan kulitnya mengandung 115 gram air, 16 gram kalori, 0.8 gram protein, 0.2 gram lemak, 2.9 gram karbohidrat, 0.9 gram serat, dan 1.8 gram gula.


Manfaat mentimun untuk menurunkan birahi lovebird


Untuk menurunkan atau menstabilkan birahi lovebird dengan memanfaatkan buah mentimun cara adalah sebagai berikut:

  1. Potong kecil-kecil buah mentimun beserta kulitnya
  2. Berikan potongan buah mentimun tersebut pada lovebird yang sedang over birahi sebagai pengganti ekstra fooding
  3. Pada saat lovebird sedang over birahi sebaiknya hentikan pemberian ekstra fooding yang mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan birahi lovebird seperti jagung muda, biji kwaci, dan kangkung.
  4. Lakukan pemberian buah mentimun secara konsisten dalam waktu 1 sampai 2 minggu.

Manfaat lain buah mentimun untuk lovebird

Selain untuk menurunkan birahi, ternyata kandungan dalam mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lovebird, manfaat lain tersebut diantaranya adalah:

1. Mentimun membantu memperlancar pencernaan

Kandungan serat dalam mentimun dipercaya mampu membantu melancarkan pencernaan burung lovebird, meskipun kandungan serat dalam mentimun tidak terlalu besar, tapi pemberian secara konsisten dalam jangka waktu lama dipercaya mampu membantu memperlancar pencernaan.

2. Mentimun membantu mencegah dehirasi

Kandungan air dalam buah mentimun yang mencapai 95% sudah pasti dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi, baik itu bagi manusia ataupun bagi binatang peliharaan dan burung kicauan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam mentimun juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3. Mentimun membantu menjaga kesehatan paruh

Buah mentimun yang mengandung serat, air, dan memiliki sifat dingin dipercaya mampu menjaga kesehatan paruh burung. Karena sifat mentimun mampu mengatasi masalah peradangan, termasuk radang paruh dan radang gusi.

4. Mentimun membantu menjaga kesehatan bulu

Jika buah mentimun baik untuk kesehatan kulit manusia, dimana para wanita sering menggunakan buah mentimun dan biji mentimun sebagai masker kulit dan wajah. Maka kandungan vitamin E dan potassium dalam mentimun tersebut juga baik untuk kesehatan bulu burung kicauan anda.

Untuk menurunkan birahi lovebird, selain dengan memanfaatkan buah mentimun, anda juga bisa menggunakan daun kemangi yang sudah lama dipercaya mampu membantu menurunkan dan menstabilkan birahi lovebird. 
Silahkan baca: Manfaat daun kemangi: Untuk menurunkan birahi lovebird

Demikianlah ulasan mengenai manfaat mentimun untuk menurunkan birahi lovebird yang sedang mengalami over birahi, baik itu lovebird jantan maupun lovebird betina. Jika dengan cara memanfaatkan buah mentimun dan daun kemangi, ternyata birahi lovebird anda masih belum bisa turun, ada baiknya anda mengawinkan burung lovebird yang sedang over birahi tersebut. Dengan demikian anda justru bisa memperoleh anakan lovebird yang baru lagi, jika lovebird tersebut kemudian bertelur dan menetas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel