Rahasia Lovebird Ngekek Panjang Yang Dirahasiakan

Lovebird ngekek panjang - Memiliki burung lovebird yang bisa ngekek panjang dengan durasi lebih dari 1 menit adalah impian bagi sebagian besar lovebird mania. Karena jika sudah memiliki lovebird ngekek panjang tersebut, tentu lovebird tersebut bisa menjadi jawara disetiap lomba, memiliki segudang prestasi, banyak piagam, dan jika dijual harganya mahal mencapai ratusan juta. Apalagi jika anda bisa menjadi specialis pencetak lovebird ngekek panjang, maka anda akan menjadi master lovebird yang disegani banyak orang dan memiliki banyak uang.
lovebird ngekek panjang
Gambar lovebird ngekek panjang
Pasalnya orang yang bisa mencetak lovebird biasa menjadi lovebird ngekek panjang tentu akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda, karena lovebird biasa yang dibeli dengan harga ratusan ribu rupiah, setelah dipoles dan disetting hingga bisa ngekek panjang, tentu harganya bisa menjadi jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Oleh sebab itu para master lovebird ngekek panjang tentu tidak akan menshare/ membagikan cara perawatan dan rahasia lovebird ngekek panjang tersebut, mereka pasti akan merahasiakannya, karena itu merupakan rahasia perusahaan, dan jika banyak orang yang tahu, tentu akan menjadi sebuah kerugian bagi para master lovebird ngekek panjang.

Meskipun hal tersebut merupakan rahasia perusahaan bagi para master lovebird ngekek panjang, tetapi kita dapat menganalisa berdasarkan pengalaman pribadi serta mengamati cara perawatan para master lovebird ngekek panjang, sehingga perlahan dan sedikit-demi sedikit kita bisa mengetahui apa sebenarnya rahasia lovebird ngekek panjang tersebut tersebut.

Rahasia lovebird ngekek panjang


Rahasia perawatan lovebird ngekek panjang ini adalah hasil dari analisa dan pengalaman pribadi saya sendiri selaku pecinta lovebird, serta rangkuman dari berbagai informasi yang saya dapatkan dari media internet ataupun dari bertukar pikiran dengan sesama lovebird mania.

1. Pakan lovebird ngekek panjang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kualitas lovebird ditentukan pula oleh kualitas pakan yang diberikan, baik itu pakan harian maupun ekstra fooding. Lovebird yang diberi pakan berkualitas akan terpenuhi asupan nutrisinya, sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar dan lovebird tumbuh sehat. Jika lovebird sehat maka tentu akan mampu mengeluarkan performa ngekek secara maksimal. Lovebird yang sehat akan lebih rajin berkicau dan aktif dalam beraktivitas. Untuk artikel mengenai pakan lovebird agar ngekek panjang silahkan baca: Pakan lovebird agar bisa ngekek panjang

2. Vitamin lovebird ngekek panjang

Selain pakan yang berkualitas, agar lovebird menjadi lebih berkualitas tentu harus didukung dengan pemberian multivitamin yang berkualitas pula. Sebab terkadang pakan dan EF yang kita berikan sehari-hari belum mampu untuk memenuhi asupan nutrisi burung. Vitamin tersebut bisa berupa vitamin untuk metabolisme tubuh atau vitamin untuk doping agar lovebird ngekek panjang. Untuk ulasan lebih lengkapnya silahkan baca: Vitamin agar lovebird ngekek panjang

3. Memandikan dan membersihkan kandang lovebird

Memandikan burung lovebird tak kalah pentingnya dengan kedua point diatas, karena untuk memperoleh agar lovebird ngekek panjang tentu harus dilakukan perawatan harian secara rutin dengan baik, termasuk dalam hal memandikan dan membersihkan kandang lovebird.
Baca: Perawatan harian lovebird agar ngekek panjang
Cara memandikan lovebird bisa dengan disemprot atau dengan mandi karamba, semua tergantung kebiasaan dan kenyamanan dari lovebird tersebut. Memandikan lovebird agar ngekek panjang bisa dilakukan setiap hari dipagi hari sampai basah kuyup. Ada juga yang memandikan lovebird 2 kali sehari, tiga hari sekali, seminggu sekali, dan lainnya, semua tergantung karakter dan kebiasaan lovebird tersebut.
Baca: Cara memandikan lovebird
Selain mandi rutin, anda juga bisa menerapkan dan mengkombinasikan terapi mandi hujan, mandi malam, dan mandi sauna untuk mendongkrak performa lovebird agar bisa ngekek panjang.

4. Pemasteran lovebird ngekek panjang

Lovebird yang bisa ngekek panjang dengan materi dan lagu yang baik tentu dibutuhkan adanya pemasteran secara rutin. Pemasteran tersebut lebih baik dilakukan sedini mungkin, bahkan ketika lovebird baru dilahirkan atau masih dalam kondisi lolohan. Karena lovebird yang sejak kecil sudah dikenalkan dan sering mendengar suara ngekek panjang tentu akan lebih mudah merekam suara ngekek tersebut kedalam memori otaknya yang kemudian akan ditirukan saat mulai tumbuh dewasa.

Dalam memaster lovebird agar ngekek panjang juga diperlukan teknik dan teori, jadi tidak serta merta asal-asalan memaster, karena yang namanya asal-asalan tentu hasilnya tidak akan memuaskan. Untuk lebih detailnya silahkan baca ulasan berikut: Cara memaster lovebird agar ngekek panjang

5. Pelatihan lovebird ngekek panjang

Selain diberi suara masteran, lovebird agar ngekek panjang tentu juga dibutuhkan pelatihan secara khusus, baik dengan menggunakan alat buatan sendiri atau dengan membeli di kios burung. Alat tersebut bertujuan untuk memancing dan melatih lovebird agar terbiasa mau ngekek panjang ketika mendengar suara alat tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan berikut:
Alat untuk melatih lovebird ngekek panjang

6.  Kandang umbaran

Kriteria lovebird jawara, selain bisa ngekek panjang tentu juga harus memiliki nafas yang panjang, sehingga ketika selesai ngekek tidak membutuhkan jeda yang terlalu lama untuk mengambil nafas, atau sering disebut dengan istilah "ngetem". Karena lovebird meskipun bisa ngekek panjang tapi sering ngetem terlalu lama tentu akan mengurangi penilaian saat lomba.
Silahkan baca: Cara agar lovebird memiliki nafas panjang saat lomba

7. Sering digantang dan diajak jalan-jalan

Lovebird meskipun bisa ngekek panjang tapi tidak memiliki mental fighter tentu sama saja bohong, karena lovebird tersebut hanya berani ngekek saat sendirian dan tidak ada lawan. Agar lovebird mau ngekek panjang saat lomba dan saat melihat lawan, tentu harus dilatih dan diperkenalkan dengan lingkungan lomba sejak dini. Tujuannya agar lovebird tersebut terbiasa dengan lingkungan lomba dan terbiasa melihat lovebird lawan, sehingga lambat laun akan terbangun mental yang fighter dan pemberani. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca:
Cara melatih mental lovebird agar ngotot saat lomba

FAKTOR/ GARIS KETURUNAN LOVEBIRD NGEKEK PANJANG

Banyak yang bilang bahwa lovebird yang bisa ngekek panjang berasal dari indukan lovebird yang bisa ngekek panjang. Hal tersebut memang benar adanya, karena mental dan tingkat kecerdasan lovebird diturunkan dari induknya.

Meskipun demikian, hal diatas tidak sepenuhnya benar, karena kualitas pakan, pola rawatan, dan cara pemeliharaan juga menentukan kualitas dari lovebird itu sendiri. Sehingga tidak menutup kemungkinan lovebird yang berasal dari indukan biasa bisa menghasilkan lovebird jawara yang bisa ngekek panjang.

Jika prosentase lovebird yang bisa ngekek panjang 100 persen hanya dihasilkan dari garis keturunan indukan yang bisa ngekek panjang, maka kita tidak perlu repot-repot merawat dan melatih lovebird tersebut, cukup dengan membeli atau memelihara indukan dan anakan lovebird yang bisa ngekek panjang.

UPDATE: Untuk saat ini tepatnya setengah tahun yang lalu, saya sendiri sudah pensiun alias gantung sangkar, atau apapun itu sebutannya, yang jelas saya untuk sementara berhenti bermain burung lovebird. Kenapa? karena saat ini saya sudah memiliki hobby lain yang lebih menyenangkan.

Selain itu saya juga sudah tidak punya gacoan lagi, jadi sudah tidak ada lovebird yang bisa saya pelihara lagi. Oleh sebab itu saya sudah tidak mengikuti perkembangan dunia lovebird lagi, jadi sekarang mungkin sudah ada tips dan trik terbaru agar lovebird bisa ngekek panjang

Demikianlah rahasia lovebird ngekek panjang yang sebenarnya sudah bukan rahasia lagi, hanya terkadang ada lovebird mania yang belum tahu atau tidak mau tahu. Sehingga mengabaikan hal-hal diatas yang sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kualitas lovebird anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel