Penyebab Dan Ciri-Ciri Lovebird Stress Yang Wajib Diketahui

Penyebab dan ciri-ciri lovebird stress - Lovebird bukanlah termasuk burung yang mudah stress seperti burung cendet dan burung kacer, akan tetapi meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika lovebird juga bisa mengalami stress. Jadi sebagai seorang lovebird mania tentunya anda harus dapat mengetahu penyebab serta ciri-ciri lovebird yang sedang mengalami stress. Sebab lovebird stress jika tidak segera diobati akan menyiksa burung dan bahkan dapat berujung pada kematian.
lovebird stress
lovebird stress

Lovebird yang stress pasti ada penyebabnya, jadi bukan ujug-ujug alias tiba-tiba menjadi stress. Oleh sebab itu dalam menangani lovebird stress, sebaiknya dicari terlebih dahulu penyebabnya, apakah stress karena perjalanan, stress karena takut sesuatu, stress karena kalah bertarung, stress karena penyakit, atau mungkin stress karena pola perawatan yang salah.

Namun pada posting kali ini saya tidak akan membahas mengenai cara mengatasi lovebird stress, saya hanya akan mengulas terlebih dahulu mengenai penyebab dan ciri-ciri lovebird stress. Sedangkan artikel cara mengatasi lovebird stress akan saya ulas pada posting-posting saya berikutnya, sebab jika saya mengulas semua tema tersebut dalam satu artikel ini, maka saya rasa hal tersebut kurang efektif dan akan sulit untuk dipahami.

Penyabab dan ciri-ciri lovebird stress


Yang dapat mengalami stress bukan hanya manusia saja, semua binatang dan makhluk hidup juga dapat mengalami stress, terlebih pada burung kicauan yang sering dilombakan, jika tidak dirawat dengan baik pasti akan mudah terserang penyakit stress.

Ciri-ciri lovebird stress

ciri-ciri lovebird stress

1. Lovebird menjadi kurang bergairah, tampak lemas dan bahkan sering tertidur. Hal tersebut biasanya terjadi akibat lovebird terserang virus atau penyakit.

2. Lovebird tampak giras dan sering ngelabak, takut ketika didekati atau ketika melihat sesuatu. Terkadang lovebird tampak seperti ingin keluar dari kandang. Hal tersebut biasanya lovebird stress akibat lovebat ketakutan atau trauma terhadap sesuatu.

3. Lovebird tampak sering gauk-garuk dan merasa seperti gatal disekujur badan, biasanya ditandai dengan mencabuti bulu disekitar dada dan leher.

4. Lovebird menjadi jarang berkicau, tidak bisa ngekek panjang lagi seperti sebelumnya, bahkan terkadang jika sudah terlalu parah. lovebird cenderung lebih suka membisu.

5. Jika lovebird sedang ditangkar maka biasanya jika mengalami stress, lovebird akan mematuk telurnya sedniri sampai pecah. Terkadang juga mematuk anaknya sendiri sampai mati, atau paling sering terjadi lovebird tidak mau meloloh anaknya.

Penyebab lovebird stress

penyebab lovebird stress

Ada banyak sekali penyebab lovebird stress, diantaranya seperti yang telah saya sebutkan diatas, dan untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca disini:

1. Lovebird stress setelah menempuh perjalanan jauh, dimana siempunya tidak memiliki pengetahuan mengenai cara membawa burung dalam perjalanan jauh. Sehingga tidak heran jika sesampainya ditujuan lovebird akan menjadi stress dan butuh adapasi beberapa waktu untuk bisa kembali normal lagi seperti sedia kala.

2. Lovebird stress setelah dipindahkan kekandang yang baru sehingga lovebird merasa tidak nyaman dengan andang baru tersebut.

3. Lovebird stress akibat berada ditempat yang baru dengan pemilik yang baru pula. Ini biasanya terjadi setelah adanya proses jual beli, yaitu saat lovebird berada dirumah pembeli atau pemiliknya yang baru. Untuk mengembalikannya biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja.

4. Lovebird stress akibat ditinggal pasangannya, entah itu ditinggal mati, ditinggal kabur, atau terpisah karena pasangannya dijual oleh si pemilik.

5. Lovebird stressakibat takut sesuatu, entah itu takut binatang, kendaraan, atau peralatan dan mesin lainnya yang dapat membuat lovebird menjadi trauma.

6. Lovebird stress akibat kesalahan dalam pola perawatan.

Itulah beberapa penyebab dan ciri-ciri lovebird stress yang biasa terjadi dan perlu anda ketahui, Sehingga jika anda mengetahui penyebab dan ciri-cirinya, diharapkan lovebird kesayangan anda tidak akan pernah mengalami stress.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel