Settingan Untuk Menstabilkan Birahi Lovebird Saat Lomba

Menstabilkan birahi lovebird menjelang ataupun saat lomba sangatlah penting, sebab kinerja lovebird saat lomba sangat dipengaruhi oleh birahi. Lovebird jika memiliki birahi yang terlalu tinggi atau istilah kerennya Over Birahi (OB) tidak akan bisa maksimal saat lomba, sebab birahi yang terlalu besar menyebabkan lovebird menjadi lebih aktif bergerak sehingga justru menjadi jarang berkicau. Lebih parahnya lagi, lovebird yang over birahi justru akan tampak mengejar lovebird lawan yang digantang didekatnya, sehingga lovebird akan menempel dijeruji sangkar dan tidak nangkring dengan nancep ditangkringan. Padahal  salah satu penilaian penting dari juri adalah lovebird bisa ngekek panjang sambil nancep alias berdiam diri ditangkringan.
settingan lovebird lomba
Lovebird lomba
Begitupun sebaliknya jika lovebird kurang birahi, maka akan cenderung malas dan tidak bisa ngotot saat lomba. Oleh sebab itu settingan untuk menstabilkan birahi lovebird sangatlah penting, agar birahinya bisa stabil, dalam artian tidak over dan tidak kurang. Masalah utama dari pemain lovebird pemula adalah bagaimana cara menentukan settingan yang pas untuk menstabilkan lovebird gacoannya, sebab masing-masing lovebird memiliki settingan yang berbeda-beda, tergantung dari karakter burung tersebut.

Pada posting kali ini saya akan membagikan kepada anda para lovebird mania bagaimana cara menentukan settingan lovebird lomba sehingga birahinya bisa tetap stabil dan bisa tampil maksimal saat lomba. Namun sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa settingan ini tidak sepenuhnya bisa bekerja dengan maksmimal untuk lovebird gacoan anda, sebab karakter lovebird anda mungkin berbeda dengan karakter lovebird gacoan saya.
menstabilkan birahi lovebird

Settingan birahi lovebird saat lomba


1. Lakukan perawatan lovebird gacoan anda dengan baik, yaitu dengan menerapkan perawatan seperti dibawah ini:

  • Keluarkan lovebird dari dalam rumah pada jam 5 pagi (setelah shalat subuh), buka kerodong lalu gantang dihalaman yang tanpa atap (diembunkan)
  • Jam 7 pagi atau saat matahari pagi mulai keluar, mandikan lovebird sampai basah kuyup, bersihkan kandang dari kotoran, ganti pakan dan air minum, kemudian jemur selama 1-2 jam. Pada saat penjemuran sebaiknya wadah pakan diangkat terlebih dahulu.
  • Jam 9 atau jam 10 burung diangin-anginkan diteras rumah sebentar kemudian dikerodong dan digantung ditempat yang tenang dan nyaman, biarkan burung beristirahat.
  • Sore harinya sekitar jam 5 sore burung kembali diangin-anginkan sebentar kemudian dimandikan dan digantang sebentar sampai bulu-bulunya kering, kemudian dikerodong dan dimasukkan kedalam rumah.
  • Pemasteran bisa dilakukan saat pagi dan sore hari saja, atau bisa pula dilakukan pemasteran nonstop 24 jam, bahkan saat lovebird sedang tertidur.
2. Lakukan terapi mandi malam untuk menstabilkan birahi lovebird yang over birahi

  • Mandikan lovebird sekitar jam 7 sampai jam 8 malam
  • Proses pemandian tidak perlu basah kuyup, cukup disemprot dengan setelan embun sampai bulu-bulu agak basah.
  • Angin-anginkan sampai bulu-bulu kering sambil diperdengarkan suara masteran.
  • Kerodong kembali dan masukkan kedalam rumah agar burung bisa beristirahat dengan nyaman
3. Lakukan terapi mandi hujan untuk menurunkan birahi lovebird dan membuat lovebird menjadi lebih nancep saat lomba

  • Pada saat turun hujan dimana hujan turun tidak terlalu deras (intensitas sedang), angkat wadah pakan dan minum, kemudian gantang lovebird dibawah guyuran air hujan.
  • Biarkan lovebird menikmati mandi hujan selama kurang lebih 5-10 menit, tergantung intensitas hujan dan karakter burung.
  • Angkat burung segera dari air hujan, jangan terlalu lama-lama karena lovebird bisa mati kedinginan. Biarkan lovebird didis sampai bulu-bulu kering, jika sudah kering masukkan kembali wadah pakan dan air minum kemudian burung kembali dikerodong.
4. Berikan Ekstra fooding mentimun untuk menurunkan birahi lovebird

Untuk menurunkan birahi lovebird yang sedang OB, cara terbaiknya adalah dengan memberikan EF berupa mentimun. Kandungan mentimun yang lebih didominasi oleh kadar air, rendah kalori, rendah lemak, dan rendah kolesterol dipercaya mampu membantu menurunkan birahi lovebird.
5. Berikan ekstra fooding jagung muda dan kangkung untuk meningkatkan birahi lovebird

Untuk sebaliknya, jika lovebird anda kurang birahi dan loyo maka anda bisa memberikan EF berupa jagung muda, kangkung, dan biji kwaci untuk mendongkrak birahi lovebird. Namun sebaiknya pemberian ketiga EF tersebut jangan terlalu berlebihan, sebab justru dapat membuat lovebird anda menjadi over birahi.
6. Berikan pakan utama milet putih saja
Pakan utama lovebird yang paling ideal adalah milet putih saja, sedangkan untuk pakan jenis biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan adalah sebagai ekstra fooding saja. Sebab milet putih sifatnya netral dan tidak membuat lovebird menjadi over birahi dan over berat badan alias ngelemak.
7. Berikan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lovebird dan mendongkrak stamina saat lomba
Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua burung lomba pasti menggunakan vitamin tambahan ataupun doping burung yang banyak dijual di kios-kios burung dengan berbagai macam merk. Pasalnya vitamin tersebut memang memiliki peran yang cukup penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, sebab pakan baik itu EF ataupun pakan utama yang kita berikan setiap harinya belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung agar bisa tampil prima saat lomba.
 Demikianlah sedikit ulasan mengenai settingan untuk menstabilkan birahi lovebird lomba yang dapat saya bagikan. Settingan ini saya peroleh berdasarkan pengalaman pribadi sekaligus membaca dari berbagai macam artikel tentang lovebird, sebab selain sebagai penulis blog, saya sendiri merupakan seorang penggemar lovebird alias lovebird mania.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel