Cara Mengatasi Burung Lovebird Ciak Bulu (Cabut Bulu)

Mengatasi lovebird cabut bulu -Permasalahan umum yang sering terjadi ketika anda memelihara burung lovebird adalah masalah ciak bulu atau cabut bulu, sehingga burung menjadi tampak jelek karena bulu-bulunya rontok dan menjadi jarang berkicau karena merasa tidak nyaman dan sibuk mencabuti bulunya sendiri.
mengatasi lovebird cabut bulu

Tentu anda tidak ingin lovebird kesayangan anda, atau bahkan lovebird gacoan anda mengalami ciak bulu, sebab jika ciak bulu tersebut sudah parah, akan sangat mempengaruhi performa lovebird anda. Selain itu pasti anda malu jika lovebird yang ciak bulu nekat anda  lombakan, yang ada nanti malah ditertawakan peserta lainnya.

Pertanyaanya, kenapa lovebird sering cabut bulu? Ada banyak sekali penyebab kenapa lovebird suka mencabuti bulunya sendiri. Untuk itu anda harus flashback dan mencari tahu apa penyebab pastinya, karena dengan mengetahui penyebabnya, anda akan semakin mudah menemukan solusinya agar lovebird kesayangan anda tidak ciak bulu.

Penyebab lovebird ciak bulu atau cabut bulu

Secara umum ada 4 hal yang dapat menyebabkan lovebird cabut bulu, jadi coba anda ingat-ingat kira-kira point yang mana yang menyebabkan lovebird anda menjadi ciak bulu.

1. Lovebird cabut bulu karena penyakit kutu

Lovebird yang mendapatkan perawatan yang kurang baik, misalkan jarang dimandikan, jarang dijemur, jarang dibersihkan kandangnya, dan jarang diganti air minum dan pakannya biasanya akan mudah terserang penyakit, misalnya seperti penyakit snot, nyilet, dan ciak bulu.

Nah khusus untuk penyakit ciak bulu ini biasanya dikarenakan banyak kutu yang bersembunyi didalam bulu burung dan menyebabkan lovebird merasa gatal. Lovebird akan menggaruk-garuk tubuhnya dengan paruh atau menggesek-gesekkan tubuhnya kesangkar, sehingga bulu-bulu indahnya akan rontok dan menjadi botak. Oleh sebab itu untuk menghindari terjadi ciak bulu, anda harus selalu merawat dan menjaga kebersihan burung dan sangkarnya.
Baca: Cara mengobati kutu lovebird dengan daun sirih

2. Lovebird cabut bulu karena stress

Lovebird yang dirawat pun terkadang juga bisa cabut bulu, itu biasanya karena perawatan yang salah. Kesalahan perawatan tersebut misalkan karena mandi terlalu basah kuyup, pemberian ekstra fooding yang berlebihan, atau penjemuran yang terlalu lama.

Oleh sebab itu anda harus tahu dan faham perawatan yang cocok dan sesuai dengan karakter lovebird anda, untuk menghindari terjadinya penyakit cabut bulu.

3. Lovebird ciak bulu karena kepanasan

Seperti yang telah saya singgung pada point diatas bahwa penjemuran lovebird yang terlalu lama justru dapat menyebabkan ciak bulu. Kenapa? karena lovebird merasa kepanasan. Kepanasan tersebut bisa karena faktor cuaca yang memang sedang panas atau karena pemberian racikan/ doping yang tidak cocok dan berlebihan.

4. Lovebird ciak bulu karena birahi

Burung paruh bengkok ini ketika sudah memasuki masa dewasa dan sudah birahi biasanya akan mencabuti bulunya sendiri, terlebih jika birahinya tidak bisa tersalurkan. Lovebird birahi biasanya ketika sudah menginjak usia 6 bulan keatas, atau sudah lepas dari masa paud/ balibu.

Cara mengatasi lovebird cabut bulu/ciak bulu


  • Jika lovebird ciak bulu karena kutu, maka cara mengatasinya adalah dengan memandikannya menggunakan shampoo anti kutu, atau bisa juga memandikannya dengan rebusan daun sirih atau air cucian beras.
  • Jika lovebid cabut bulu karena kepanasan, maka cara mengatasinya adalah dengan mengurangi durasi penjemuran dan menghentikan pemberian pakan racikan yang dapat meningkatkan suhu badan lovebird.
  • Jika lovebird ciak bulu karena kesalahan dalam perawatan, cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengamatan untuk menemukan perawatan yang tepat dan sesuai dengan karakter sang lovebird.
  • Jika lovebird cabut bulu karena over birahi, maka perawatannya adalah dengan menggunakan kandang umbaran, sering mandi, kurangi pemberian ekstra fooding, dan kurangi durasi penjemuran. Bisa juga dengan mengkolonikan lovebird untuk sementara sampai birahinya normal kembali.
Untuk mengatasi lovebird ciak bulu, intinya anda harus mencari terlebih dahulu apa penyebabnya, kemudian mengamati untuk menemukan solusinya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel